Selamat datang...

Berbagi pengalaman rasanya sangat menyenangkan, apalagi jika pengalaman kita bisa berguna buat orang lain. So, this is time to share... Blog ini super sederhana karena memang kemampuan pengelolanya juga masih cetek, tapi yang gw harap sih semoga membantu. Amin...

Senin, 20 Juni 2011

Komponen PNG Button untuk program delphi

Dari pengalaman pribadi, saat membuat sebuah program yang justru gw perhatikan malahan tampilannya. Pas waktu awal awal belajar, bingung juga kenapa tombol (Button) cuma gitu aja yang ada cuma tulisan. Makin kesini dapet deh materi button yang bergambar, cuma yang bisa dipake *.ico dama *.bmp penasaran juga kan akhirnya. Browsing browsing dan browsing, akhirnya nemu juga komponen PNG Button, tapi kenapa sih kudu PNG??? Gw pribadi lebih banyak koleksi gambar PNG daripada ico, selain itu komponen PNG ini keliatannya lebih atraktif dibanding tombol biasa. Nah gw insta deh tu komponen, tapi yang ada apa coba eror!!! wah lemes deh gw, tapi gak berhenti sampe disitu. Gw muter otak, napa ni komponen bisa erorr and akhirnya bisa juga di pake tu komponen ke aplikasi gw. amin.....
Kalo mau download komponennya dilahkan di sini. Tatacara instalnya kaya' gini:
1. Buka Delphi dan buat aplikasi baru.
2. Klik Menu Components dan pilih Install Component...
3. Browse unit file (fmain.pas) yang sudah didownload (jangan lupa di extrak dulu file hasil downloadnya).
4. Browse uga file package-nya (TPNGButton.dpk).
5. Klik toblol OK dan klik install waktu jendela instal component TPNGButton muncul.
6. Tutup aplikasi/buat aplikasi baru, coba runing program.
7. Kalo muncul error, copy semua file *.dcu di folder source ke folder istalasi delphi (ex: C:\Program Files (x86)\Borland\Delphi7\Lib)
8. semoga berhsil dan bermanfaat ^_^.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar